technology

business

Inilah 11 virus yang pernah jadi momok pengguna komputer dan ponsel sepanjang masa

Saat komputer atau ponsel kita terinfeksi virus tentu akan sangat mengganggu aktivitas mobile anda. Namun dari banyaknya virus yang ada, ada beberapa yang menurut banyak orang merupakan jenis-jenis virus yang menakutkan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang harus kehilangan data-data berharga mereka akibat serangan virus tersebut.
Inilah 11 virus yang pernah menjadi momok menakutkan bagi para pengguna komputer dan ponsel yang sudah kami rangkum:

1. Anna Kournikova (2001)
Masih ingat dengan bintang olahraga tennis Anna Kournikova? Nah pembuat virus mencoba menggunakan ketenaran pemain tennis tersebut dengan membuat virus dengan nama yang sama. Virus ini menipu para pengguna dengan menganggap bisa mendownload gambar seksi dari pemain tennis tersebut.

2. Sasser (2004)
Microsoft mengumumkan telah mengeluarkan perbaikan untuk memperbaiki kerentanan sistem Windows untuk Local Security Authority Subsystem Service (LSASS). Namun berselang kemudian, seorang anak remaja di Jerman telah merilis virus Worm Sasser untuk mengeksploitasi perangkat yang belum mendapatkan perbaikan. Virus ini berhasil merusak jaringan penerbangan, transportasi dan rumah sakit yang menyebabkan kerugian sekitar 18 milyar US Dolar.

3. Skulls.A (2004)
Masih ingat dengan virus yang menyerang ponsel berbasis SymbianOS. Ini merupakan salah satu virus yang mampu membuat para pengguna ponsel SymbOS bergidik ketakutan. Virus berjenis malware ini memiliki tampilan tengkorak yang menyeramkan dan menonaktifkan semua fungsi telepon.

4. Zeus (2009)
Ini merupakan salah satu program malware yang digunakan oleh perusahaan kriminal. Zeus atau juga disebut Zbot merupakan trojan yang menggunakan phishing dan keylogging yang bertujuan mencuri data perbankan online untuk mengambil uang korban.

5. Melissa (1999)
Virus ini mulai ditemukan pada 26 Maret 1999 dan dibuat oleh David L.Smith. Virus ini dirancang untuk mengirimkan pesan ke 50 nomer kontak pertama pada email dan berhasil menginfeksi sekitar 20% komputer diseluruh dunia. Virus Mellisa mampu menyebabkan kerusakan sekitar 70 juta US Dolar. Pencipta virus David L. Smith ditangkap FBI dengan mendapatkan kurungan penjara 20 bulan dan denda 5000 USD.

6. Sircam (2001)
Seperti script dasar malware, virus Sircam menggunakan media sosial untuk mengelabui orang dengan membuka lampiran email. Virus berjenis worm ini memilih secara acak file microsoft office dalam komputer korban dan mengirimkannya ke semua kontak email.

7. Storm Trojan (2007)
Malware Storm Trojan merupakan salah satu virus yang cukup tangguh. Sejak diluncurkan pada Januari 2007 Storm Trojan bahkan mampu menginfeksi sekitar 8% seluruh komputer didunia hanya dalam waktu 3 hari. Ini merupakan virus yang sangat jahat, menyebar melalui email yang terdapat file executable yang bisa membuat komputer menjadi botnet (komputer yang bisa dikendalikan dari jarak jauh).

8. Code Red (2001)
Code Red merupakan worm yang memanfaatkan kerentanan dalam server IIS Microsoft dan dapat menginfeksi server IIS pada komputer lain. Diperkirakan hampir sepertiga dari server web ISS Microsoft telah terinfeksi sejak diluncurkannya. Parahnya lagi, virus ini masih bisa kembali meskipun sistem telah dibersihkan dan mampu menyebabkan masalah overload dan penolakan terhadap akses ke situs-situs diseluruh dunia.

9. ILOVEYOU (2000)
Worm ILOVEYOU atau disebut juga LOVE LETTER merupakan virus yang mengelabui korbannya melalui email sebagai file teks dari orang yang menyukainya. Saat korban membuka email tersebut, virus ini akan mereplika dirinya dengan mengirimkannya keseluruh kontak korban. Virus ini mampu menginfeksi sekitar 10% dari seluruh komputer yang terhubung internet. Bahkan pihak CIA harus menutup server emailnya untuk sementara waktu demi mencegah penyebaran. Virus ILOVEYOU diperkirakan telah merusak sekitar 15 milyar USD.

10. Cryptolocker (2014)
Ini salah satu modus baru yang dilakukan para hacker jahat untuk mendapatkan uang. Data yang ada dalam komputer yang terinfeksi virus Cryptolocker akan dienkripsi. Untuk membukanya si pembuat meminta bayaran kepada korban dengan tebusan $300 dalam Bitcoin untuk kode enkripsi. Jika korban menolak, maka file tersebut akan terhapus selama-lamanya.

11. MyDOOM (2004)
MyDoom pertama kali muncul pada 26 Januari 2004 dan menyebar dengan sangat cepat, bahkan bisa dikatakan tercepat melebihi virus ILOVEYOU. Virus ini menyerang dengan memperlambat kinerja internet hingga 10% dan beban web server hingga 50%. MyDoom menyebar melalui email yang berpura-pura sebagai peringatan palsu email yang gagal terkirim, sehingga tanpa sadar korban membuka email yang berisi dengan virus MyDoom. Selain memblokir situs Microsoft dan anti virus, virus ini juga mampu membebani server mesin pencari Google dan Yahoo. Dibutuhkan setidaknya 40 Milyar USD untuk membersihkan virus MyDoom diseluruh dunia.



Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :


three columns

cars

grids

health